Rabu, April 13, 2011

Tips MULTIMEDIA " part 1"

MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA,dari judulnya di atas pun kita sudah kalau kita di sini akan membahas tentang perawatan  peralatan multimedia,apasih multimedia itu ? bagi yang belum tau Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.http://id.wikipedia.org/

Karena jenis peralatan Multimedia banyak sekali jadi saya akan mem-posting beberapa terlebih dahulu.dan akan Zs susun post selanjutnya.

contoh peralatan Multimedia :

  • Motherboard Komputer
  • Handycam  
  • Kamera Digital
  • Flash Disk
  • Laptop
  • MP3 / MP4
  • Kamera Video
  • Kamera Analog
  • Speaker Mobil
  • Handphone 
  • dsb. 


    1.Kamera Digital

    Zsevent™Siapa yang tidak kenal dengan kamera,Hampir Semua orang pun di jaman sekarang ini sudah terbiasa memegang kamera. bahkan sekarang ini oleh sebagian orang kamera sudah menjadi bagian hidup mereka. kamera sudah berkembang dari puluhan tahun yang lalu, mulai dari kamera lobang jarum, kamera analog ( masih menggunakan rool film ), sampai Kamera digital atau istilah kerennya Digicam. ukuran kamerapun bermacam macam mulai dari yang kecil ( kamera Pocket ) yang bisa dengan mudah dikantongi sampai dengan Kamera ukuran besar seperti CANON 1Ds Mark III. Bagi sobat yang memiliki kamera Walau sudah sangat mahir dalam mengoperasikannya, namun juga sangat perlu di ketahui bagaimana cara merawat kamera dengan benar agar terhindar dari kerusakan dan berumur panjang.
    Berikut ini ada sedikit tips tentang cara merawat kamera yang baik, agar kamera Sobat Zs bisa tetap awet,dapat berfungsi dengan baik dan awet.

    • Bersihan Kamera : usahakan kita selalu membersihkan kamera kita sesuai digunakan atau tidaknya seminggu sekali,gunakan lap yang halus atau yang biasa di gunakan untuk mengelap kacamata untuk membersihkan body dan bagian luar lensa.dan filternya disin sobat bisa mengunakan tisu basah husus pembersih kaca lensa kamera.untuk membersihkan debu pada kamera gunakan kuas halus atau kuas rias karena kuas yang ini sangat halus dan untuk bagian dalam lensa gunakan Blower khusus kamera.semua peralatan di atas dapat sobat cari di toko kamera terdekat di kota sobat Zs.

    • Hindari sinar Matahari berlebihan :Panas matahari yang berlebihan dapat merusak bagian-bagian dari kamera sobat yang terbuat dari bahan plastik dan karet serta komponen elektronik di dalam kamera.


    • Hindari Air Laut : Air laut sangat berbahaya bagi kamera sobat ,hindari kamera dari cipratan Air laut,Air Laut sangat berbahaya dan penyebab karat yang potensial terhadap kamera ataupun perangkat elektronik yang lainnya.bagi sobat semua yang sering ke pantai dan sering ceprat-cepret dengan kamera di dekat pantai,sehabis hunting di laut atau pantai segeralah bersihkan kamera sobat karena butir-butir pasir yang mengandung zat garam dapat menyebabkan karat pada bagian kamera yang terbuat dari besi.
    • Hindari Kapur barus : kapur barus adalah benda yang sangat dihindari oleh kamera, karena kapur barus dapat merusak PBC ( printed circuit board ) yaitu tempat dimana chip elektronik kamera itu terpasang. uap kapur barus juga dapat membuat flek flek pada lensa kamera sobat. menurut orang-orang yang profesianal  kerusakan pada kamera yang di sebabkan oleh kapur barus sangat sulit diperbaiki dan bahkan mungkin tidak bisa di perbaiki lagi.
    • Tempat Penyimpanan : Tempat penyimpanan sangat perlu diperhatikan, simpanlah kamera sobat di tempat yang sejuk ( tidah terlalu panas dan tidak terlalu lembab ) dan terhindar dari debu.dan mungkin sobat  bisa membeli Lemari khusus penyimpan kamera tapi harganya masih relatif mahal, untuk alternativ lain sobat  bisa membeli Lemari kaca / kayu yang lebih murah, pasangkan lampu 5watt di dalamnya dan atur jarak dari lampu ke kamera anda sekitar 50cm agar suhu di dalam almari bisa tetap sejuk. kemudian letakkan beberapa silica gel untuk menghindari jamur(akibat kelembaban).
    • Cara menyimpan : setelah di atas kita membahas tentang tempat penyimpanan selain itu cara sobat dalam menyimpan kamera juga harus diperkatikan. pastikan posisi saat sobat  meletakkan kamera sudah benar, bersihkan lah kamera sobat sebelum menyimpannya. untuk penyimpanan dalam waktu yang lama keluarkan lah baterai dari dalam kamera untuk menghindri Over-charger. apabila sobat membawa kamera dalam bepergian simpanlah kamera sobat pada tas khusus tempat kamera atau tas yang memiki lapisan lebut yang lebih tebal dan pas dengan ukuran kamera sobat agar terhindar dari goncangan.

    • Servis Bersekala : Lakukanlah servis secara bersekala jangan menungu kamera sobat ada problem/masalah baru sobat serviskan,servislah kamera sobat di tempat yang resmi, apabila sobat semua bukan tukang servis kamera jangan sekali-sekali membongkar kamera sobat di rumah sendiri ,so! akan terjadi (malpratek).



     2.Motherboard Komputer

       Agar mainboard ini bisa lebih lama atau awet dalam pemakaian maka perlu diperhatikan tips singkat berikut ini :
    • Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik pada pc  sobat ,sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.
      Zsevent™
    • Sobat Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU dan khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan sobat.
    • Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
    • Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan. 
    • Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (konslet).
    • Jangan membiarkan komputer sobat tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dlam seminggu.
     
      3.Flash Disk
    Zsevent™

    Flash Disk adalah salah satu peralatan Multimedia yang berguna sebagai media penyimpan data.ukuranya yang kecil dan mudahh di bawa kemana-mana dan simple.oleh sebab itu karena ukuranya yang kecil terkadang kita sering ceroboh dalam membawa Flash Disk tersebut dan menyebapkan Flash Disk kita tidak awet/tahan lama.biasanya orang memiliki Flash Diskhanya bertahan beberapa bulan entah itu rusak atau karena hilang.berikut adalah cara merawat Flash Disk sobat.


    • Jangan dijatuhkan atau dipukul-pukul dengan benda keras agar komponen di dalamnya tidak rusak.

      • Hindari suhu panas termasuk terkena sinar matahari langsung serta suhu dingin yang terlalu dingin agar komponen tidak rusak.

        • Jangan dicemplungkan ke dalam air kecuali yakin benar-benar  anti air dengan garansi penuh.

          • Hindari medan magnet tinggi seperti speaker, dinamo, dan lain-lain agar media penyimpanan tidak terganggu.

            • Simpanlah flahs disk usb kita di tempat yang benar agar kita tidak lupa menaruhnya akibat ukuran flash disk yang kecil. Simpan di tempat yang bersih dan tertutup dengan baik agar komponen tidak kotor.
             

            • Selalu buat copy data cadangan atau backup data di komputer atau laptop kita yang dilindungi anti virus, atau media lain seperti cd dan dvd agar jika data hilang kita tidak panik dan stress.

              • Setelah kita gunakan di komputer lain lakukan pemindaian atau scan dengan antivirus yang terbaru dan ter-update rutin agar aman dari virus yang ikut di usb flash drive bisa diberantas.

                • Jangan langsung mencabut usb flashdisk ketika selesai digunakan, agar tidak rusak datanya. Gunakan metode eject atau stop untuk mematikannya terlebih dulu sebelum kita cabut.

                  • Normalnya usb flash disk dapat digunakan sebanyak ribuan atau jutaan kali diisi dan dihapus data. Setelah itu flash disk akan lemah, mati atau rusak. Sebaiknya tidak bekerja atau mengedit pada file yang ada di flash disk. Kopi dulu ke hard disk drive lalu edit, dan setelah selesai kopi kembali file yang sudah diedit
                   
                  • Pilih merek produk flashdisk yang garansi dan purna jual bagus kalau perlu  ITW singkatan dari ( life time warranty). Kalau perlu Simpan bon pembelian dengan baik untuk klaim penggantian baru atau perbaikan bila rusak.

                    • Jangan terlalu sering format flash disk, karena dapat rusak dan mengurangi jumlah batasan hapus tulis. Jika melakukan manage flash disk pilihlah cluster terbesar agar kerja flashdisk tidak berat.

                    • Jika ada waktu defrag flash disk Sobat agar struktur data di dalam flash disk bisa diatur agar kinerja flashdisk kita lebih optimal.

                    Baca materi MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA  selanjutnya di sini.

                    TIPS AND TRICK

                    0 komentar:

                    Posting Komentar

                     

                    © 2011 Zsevent™ | Privacy Policy | Sitemap

                    Entertainment

                    Contact Us | All Tag